Job Career Vacancy
Latest News

Peran Pemerintah dalam Menanggulangi Bencana Transportasi

Senin, 28 Desember 2009 , Posted by Gilang Ramadhan at 07.35


Indonesia menganut teori negara hukum modern yang berarti adanya campur tangan pemerintah dalam kehidupan masyarakat demi terciptanya suatu kemaslahatan bersama. Jadi negara dapat mengatur warganya dari bangun tidur hingga tidur lagi agar senantiasa terjadi keseimbangan dan keamanan yang terjaga dari seluruh warga negara.
Penulis sangat setuju dengan adanya penerapan konsep negara hukum modern yang mengharuskan adanya campur tangan pemerintah dalam kehidupan rakyatnya, yang ingin penulis bahas dalam artikel ini adalah peran pemerintah dalam menanggulangi bencana transportasi. Setelah kesekian kalinya dalam waktu yang hampir berdekatan terjadi bencana transportasi di Indonesia, seperti hilangnya pesawat Adam Air di perairan Sulawesi Selatan, terbakarnya pesawat Garuda di bandara Adi Sucipto Yogyakarta, terbakarnya KM. Levina I di pelabuhan Tanjung Priok, tenggelamnya KM Senopati Nusantara,dll. Baru-baru ini pemerintah membuat suatu tim khusus yang bertugas untuk mencegah dan menanggulangi terjadinya bencana transportasi di Indonesia, tim ini dinamakan KNKT (Komisi Nasional Kecelakaan Transportasi) dan baru-bari ini mengaudit seluruh perusahaan maskapai penerbangan yang ada di Indonesia baik yang swasta maupun negri dan mirisnya tak ada satu maskapai pun di Indonesia yang memenuhi standar internasional keamanan penerbangan termasuk satu-satunya maskapai terbaik milik negara Garuda Indonesia. Dari audit tersebut timbullah respon dari kedutaan Amerika untuk Indonesia yang menyatakan bahwa warga negara Amerika yang ingin atau meninggalkan Indonesia harus menggunakan maskapai penerbangan asing dan tidak memakai maskapai penerbangan Indonesia. Sebenarnya jika pemerintah Indonesia bisa lebih bijak untuk mengambil langkah preventif dengan menguji maskapai-maskapai penerbangannya secara menyeluruh sebelum terjadi kecelakaan tentu hal-hal yang tidak diinginkan tak akan terjadi. Akhirnya setelah penanggulangan yang lambat dan ketidaktegasan pemerintah (padahal pemerintahlah yang bertanggung jawab masalah keamanan rakyatnya) untuk mengawasi maskapai swasta (tidak lepas dari kelalaian pemerintah) karena tidak ingin mengeluarkan dana untuk membuat sertifikat standar keamanan internasional__jangankan standar internasional, pemeriksaan tingkat nasional pun masih secara random untuk mengurangi biaya pemeriksaan__dan yang lebih hebat maskapai Adam Air mengadakan efisiensi penerbangan dengan terbang secara diagonal lurus yang mengakibatkan sulitnya menghindari awan hujan di rutenya, yang terjadi maskapai penerbangan di Indonesia sudah tidak mendapatkan kepercayaan baik dalam negri maupun luar negri dan akhirnya berimplikasi pada menurunnya sector usaha penerbangan di Indonesia serta sector-sektor sarana transportasi lainnya yang sangat berpengaruh pada prekonomian di Indonesia secara keseluruhan.
Dari kasus di atas penulis dapat mengambil kesimpulan singkat bahwa campur tangan dan ketegasan pemerintah dalam setiap tatanan kehidupan rakyatnya khususnya pada jaminan keamanan dan jaminan kecelakaan sangatlah berdampak luas, diantaranya adalah kepercayaan dunia luar dan yang paling krusial adalah masalah ekonomi yang berkembang di Indonesia dewasa ini. Dan jika hal ini tidak dikuasai negara/ tidak ada campur tangan pemerintah yang memiliki hak all embarancing dan bersifat memaksa tentu yang akan bermain di sini adalah persaingan yang tidak fair dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang akhirnya akan mengorbankan rakyat Indonesia sendiri.

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar